Bagi anda yang bergelut di dunia digital seperti pengembangan website/web system, mungkin anda pernah mendengar istilah SEO dan SEM. Saat ini, SEO dan SEM merupakan materi yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis digital / bisnis online.
SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization
, sebuah metode optimasi website yang bertujuan agar website mendapatkan traffic dan rangking yang baik di search engine. Ada berbagai jenis mesin pencari seperti Google Search dari Google, Bing dari Microsoft, Safari dari iOS, dll. Namun, saat ini, Google Search adalah mesin pencari utama yang digunakan oleh sebagian besar orang di dunia.
Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung situs web
, Anda perlu mengoptimalkan SEO situs web Anda. Jika Anda menjual produk, seperti sistem IoT, Anda perlu membuat halaman tentang produk sistem IoT yang Anda jual dan kemudian mengoptimalkan SEO. Jika SEO bagus, maka Google akan menampilkan website Anda di halaman pertama.
SEO
SEO yang baik juga mengarah ke peringkat Google yang baik
Jika situs web Anda muncul di halaman pertama, kemungkinan besar pengguna akan mengklik halaman Anda. Semakin banyak klik, semakin besar lalu lintas. Pada akhirnya, traffic yang besar juga berpotensi meningkatkan penjualan, bukan?
SEO meliputi dua hal, yaitu SEO on Page dan Off Page.
Untuk lebih jelasnya mengenai keduanya, silahkan baca ulasan kami tentang Memahami SEO On Page dan Off Page.
SEM
SEM adalah singkatan dari pemasaran mesin pencari. SEM kurang lebih merupakan bentuk pemasaran/marketing melalui internet, bisa berupa promosi sebuah website untuk meningkatkan visibilitas/visibilitas website tersebut.
Dalam praktiknya, SEM menggunakan iklan bayar per klik seperti Google Ads, YouTube Ads, dll. Untuk menggunakan layanan iklan PPC, Anda harus membayar biaya. Jadi, jika Anda ingin halaman Anda terus muncul di halaman pencarian, pastikan Anda memiliki anggaran yang cukup untuk membayar biayanya.
Contoh praktik SEM adalah sebagai berikut:
SEO 2
Iklan berbayar di Google Ads
SEO 3
Iklan berbayar di platform Facebook
Kelompok sasaran di SEM
Manfaat lain dari SEM adalah Anda dapat memasang target audiens. Anda dapat mengatur audiens berdasarkan usia, lokasi, dan banyak parameter lainnya. Dengan memasang audiens yang tepat, kampanye iklan Anda bisa lebih tepat sasaran sehingga peluang untuk menghasilkan penjualan lebih besar.
SEM lebih cepat untuk melihat hasilnya
Memang benar bahwa kami mendapatkan data kinerja kampanye lebih cepat dengan SEM. Sehingga hasil campaign juga lebih cepat tersedia. Berbeda dengan SEO, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk merangkak ke peringkat halaman Google dan mendapatkan ribuan lalu lintas.
SEM tidak lebih baik dari SEO. Di sini juga, penggunaan keduanya tergantung pada kebutuhan. SEM sangat tidak cocok untuk meningkatkan brand awareness, lebih cocok untuk promosi produk tertentu dalam waktu singkat, misalnya penjualan jaket musim dingin khusus yang hanya ada satu kali musim dingin.
Selain itu, jika terus mengandalkan SEM, biaya berlangganan iklan PPC juga meningkat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesadaran merek, Anda perlu mengandalkan SEO daripada SEM. SEO gratis dan tentu saja, lalu lintas yang dihasilkan secara organik terkadang lebih disukai.
SEO cocok untuk investasi jangka panjang
Mulai sekarang, Anda harus berinvestasi dalam konten yang berkualitas dan bermanfaat. Konten berkualitas tinggi yang dipadukan dengan SEO yang baik adalah modal website untuk meningkatkan peringkat di Google.
Jika lalu lintas situs web dan Google Page Rank bagus, Anda dapat menyertakan spanduk atau tautan balik untuk penjualan di masa mendatang. Keuntungannya adalah berinvestasi dalam konten berkualitas tinggi tidak memerlukan biaya apa pun, karena tidak ada biaya layanan yang harus dibayar seperti dengan SEM Iklan PPC.
Lihat Juga :
https://creasi.co.id/
https://fintekmedia.id/
https://kricom.id/
https://kissasian.id/
https://travelbos.co.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://ngelag.com/
https://newsinfilm.com/
https://voi.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/
https://www.bolt.id/